Daun yang jatuh di tanah tidak terdengar suaranya ,seperti aku yang jatuh cinta kepadamu tanpa menyuarakannya @suparmaaan

Minggu, 20 September 2015

Berbagai jenis nama yang beredar (Termasuk dalam jenis manakah kamu?)

Ketika Saiton dipertemukan ke Tuhan maka apa yang terjadi ? .Dalam kalimat tersebut bisa saja terjadi kekeliruan persepsi arti kalimat,kita pasti berpikir ini adalah kisah Saiton yang sombong meremehkan Adam.Namun,pertemuan Tuhan dan Saiton adalah sebuah pertemuan antar manusia yang mempunyai nama kontroversi,Tuhan dan Saiton.


Beberapa minggu ini banyak sekali berita tentang keanehan sebuah nama.
 Manusia memiliki berbagai macam nama,nama berfungsi untuk identitas diri.Kalo misalkan ketika lahir lo gak di beri nama oleh orang tua lo,apa yang terjadi ketika lo dewasa?.Bisa aja orang memanggil lu dengan teriakan “WOI” ,bisa juga memanggil nama lo dengan “Hmm”, bahkan lo bisa dipanggil dengan sebutan “kita sebut saja MAWAR”. Mangkanya nama sangat penting sebagai identitas hidup kita,ketika lo Meninggal juga pasti butuh nama untuk identitas kematian dan untuk di kirimi doa .Betapa penting sebuah nama.Oh iya gue harap lo semua jangan sok akrab sama orang yang lo gak tau namanya,cukup mbak-mbak Indomaret/Alfamart yang sok akrab nyapa orang dengan sebutan kakak.

Berikut jenis-jenis nama yang beredar:


Nama yang pasaran.

Ketika lo sedang ngantri sesuatu dan antrian itu dipanggil berdasarkan nama, pasti lo pernah ngerasain atau ngeliat ada dua orang yang maju antrian padahal yang di sebut hanya satu nama depan misalnya; Rahmat ,itu contoh nama pasaran,dalam satu kelas atau mungkin teman-teman lo banyak sekali yang mempunyai nama pasaran,ini adalah contoh dari tidak kreatifnya orang tua Indonesia dalam memberikan nama anak atau mungkin para orang tua malas berpikir nama lain.Seharusnya bisa saja orang tua ngasih nama yang aneh tidak pasaran misalnya; anak pertama dikasih nama "capucino",anak kedua diberi nama "cincau",anak ketiga namanya "capucino gak pakai cincau bang".


Nama yang membanggakan.

Lo pernah dengar ada orang yang namanya Aji lalu di lingkungan sekitar dipanggil pak Aji,terkesan jika dia telah berangkat haji padahal belum sama sekali.Nah dengan mempunyai nama seperti ini cukup membanggakan dan bisa juga sekalian di Aminkan.
Ketika baru lahir pasti orang-orang yang belum tau nama kita  akan menanyakan ke orang tua “Nama anaknya siapa?” ,beruntungya lo yang diberi nama orang terkenal Misalnya ; Rafi Ahmad. Orang yang  mendengar kalo nama lo Rafi Ahmad pasti spontan akan menjawab “semoga gedenya nanti tampan kayak rafi ahmad”  dan setelah gede ternyata lo tidak ada Rafi Ahmad Rafi Ahmadnya, maka nasib lo apes... Oh iya gue sempet tertawa dengan nama “Titik” enak kali ya mereka bisa mempersingkat tulisan namanya hanya dengan simbol di dalam kurung ini ( . )


Nama yang sering di katain norak .

Sunarto Kusnandar,Siti Maemunah atau mungkin gue sempat punya temen namanya Paijo.Gila 2015 masih ada nama gitu di pikiran beberapa orang pasti pernah beranggapan seperti itu.Menurut gue sih nama tidak berpengaruh dengan tingkat kenorakkan seseorang ,ada yang namanya keren tapi kelakuannya norak,ada juga yang namanya norak justru tampangnya keren,tajir,dan berkelakuan baik.Jangan menilai orang dari sebuah nama,karena apalah arti sebuah nama,kecuali nama lo emang sama sekali gak punya artinya.


Nama panggilan dan nama ngetop.

Nama anjing aja ada yang Boy,Steve,Bella,Rocky.Masa iya nama gue Misal;Sutejo,orang Indonesia memberikan nama hewan peliharaannya lebih keren dari Nama mereka sendiri.Ada juga yang  nama anjingnya Boy padahal itu Anjing berjenis kelamin wanita,mungkin si pemilik berharap anjingnya jadi lekong cucok.

Beberapa orang mempunyai nama panggilan yang berbeda jauh dari nama asli mereka dengan maksud agar lebih gampang di ingat karena nama asli susah pelafalannya,ingin terlihat keren,kebiasaan panggilan dari kecil,nama panggilan yang tercipta karena bentuk fisik (cungkring,keling,ceper,peot)atau mungkin karena nama asli mereka persis sama dengan nama merk dagang jadi takut harus bayar royalti.

Nama juga katanya mampu mendongkrak popularitas seorang artis ataupun dengan tujuan lebih gampang di ingat masyarakat.Ani Setiawati (Annisa Bahar),Rianto (Tukul Arwana),Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma (Dik Doang),Muhamad Aziz (Aziz Gagap), Deddy Cahyadi Sundjoyo (Deddy Corbuzier), Dewi Murya Agung (Dewi Persik),dan masih banyak lagi.Nama gue Gery, untungnya tanpa mengubah nama panggilan,nama dan tampang gue balance (Taulah maksud balance).


Nama di samarkan dan nama inisial.

Banyak sekali tindak kejahatan terjadi di Indonesia,berita-berita kejahatan tidak hentinya berseliweran di berbagai media.Pemerkosaan,perampokan,kekerasan dalam rumah tangga,terorisme,pembunuhan,dan berbagai tindak kejahatan lainnya menjadi headline news di media-media.Para tersangka,korban,ataupun saksi seringkali tidak disebutkan identitasnya secara langsung,mereka hanya disebut dengan inisial AB,RT,RW,AS.Ada juga yang yang disebutkan dengan nama bukan sesungguhnya,seringkali para korban ini di sebut Kembang,Mawar,Melati,semuanya Indah (Nah kenapa gue jadi nyanyi).Mr P,nah kalo ini gak perlu kan gue sebut maksudnya untuk nama apa hahha.

Nama inisial satu huruf ataupun dua huruf ternyata bukan untu nama di samarkan saja,baru-baru ini heboh dengan nama asli seorang anak  yaitu  Y.




Nama sapaan.

Coy, bro ,cong,lae,beb,cin

“Putrianazarudina..........” (nama ini tanpa spasi) pasti lu bakal sulit menyapa atau menyebutkannya dalam pembicaraan dengan sang pemilik nama,maka dari itu terkadang  kita mempermudahnya dengan sapaan gaul misalkan;Beb.Ya para Pria pun terkadang menyapa sesama jenis mereka dengan sapaan gaul Bro,lae,kalo lebih sopan lagi biasanya menyapa dengan sebutan Mas.Oh iya kaum setengah-setengah juga biasa punya sapaan akrab di antara sesama kaum mereka Cinn (Pelafalannya sedikit di beri cengkok).Satu lagi panggilan sapaan yang lagi hits bingit yaitu Cong,tidak diketahui berasal dari mana kata ini muncul (gue belum nyari di mbah google),apa mungkin bersumber dari kata bencong,ini masih menjadi misteri 2 dunia.


Nama panggilan untuk yang tersayang.

Nama panggilan sayang untuk orang tersayang termasuk penting karena menjadi ciri khas hubungan kalian,semakin kreatif nama panggilan sayang maka semakin menjadi bahan perhatian orang yang mendengar.Namun,nama paggilan sayang sering disalah gunakan tidak sesuai sebagaimana mestinya,gue pernah dengar sepasang anak SMP yang lagi makan di foodcourt memanggil satu sama lain dengan sebutan UMI-ABI.Atau yang baru-baru ini dunia maya di hebohkan,


Mempunyai nama panggilan sayang untuk orang tersayang sih sah-sah saja asal ya sewajarnya sesuai usia loh dan status lo yang memang masih pacaran.Kalian kalo masih pacaran masa iya panggil Mama-Papa,Mimi-Pipi,Umi-Abi,Ayah-Bunda,Kakek-Nenek,dll.Gue sih masih lebih senang kalo ada yang punya panggilan sayang mereka dengan sebutan-sebutan misal;Jeyek,pesek,Endut,dll asal yang dipanggil gak BAPER.Hmm yang paling gue sering baca panggilan sayang sih Yank ,gue sedikit binggung dengan kata ini karena memakai k bukan ng,tapi kalo pakai ng jadi Yang (kata penghubung kalimat).Ahh gue stress,maklum belum pernah di sayang nih.


Nama di medsos.

Sungguh keatifnya bangsa kita.Anak muda di MEDSOS punya nama-nama unik,di facebook sering beredar nama misal;ANNACELALLUINGINKAMUCAYANG,masih banyak sekali nama-nama kreatif yang beredar di facebook,pasti kalian sering membaca di beranda FB kalian.Beberapa orang juga memberi nama MEDSOS mereka sesuai tokoh-tokoh tertentu kesukaan mereka.Gue pernah kesulitan mencari nama Medsos temen lama gue karena dia memakai nama yang sangat kreatif ,akhirnya bisa gue temukan ketika secara tidak sengaja kami bertemu di mall gue tanya alamat emailnya,dan astaga nama Medsos temen gue malah pakai ujung nama seperti sebuah sinetron yang gak akan tamat-tamat yaitu PART III .Anjirrr....kapan part II nya muncul kok gue gak update.




Disebuah nama ada doa orang tua yang tertanam,sebuah harapan agar anaknya di lingkari kebaikan,menjadi penolong ketika di akhirat,dan menjadi orang yang berguna untuk kehidupan.Bagaimanapun namamu,tetaplah berterima kasih bahwa kau telah hadir di dunia ini dengan sebuah nama yang kelak akan dibawa hingga alam selanjutnya setelah dunia.

5 komentar:

  1. Hahaha gue termasuk nama yang pasaran

    BalasHapus
  2. Hahaha gue termasuk nama yang pasaran (2)

    BalasHapus
  3. Kocak yang nama di medsos Part III,true story banget ini.

    BalasHapus